Komputer Mini Anak RBC, Murah dan Ramah Lingkungan

DCIM100MEDIA
Wahid dan teman-temannya sedang asik mengotak-ngatik komputer mini hasil rakitan sendiri.

Siang itu suasana di teras masjid Sungai Pedado terlihat sedikit berbeda dari biasanya. Dimana kebanyakan anak-anak sibuk menghabiskan waktu libur sekolah dengan bermain, Wahid dan teman-temannya  justru asyik belajar mengotak-atik komputer mini. Ya, komputer mini seukuran kartu kredit ini, berhasil mereka rakit sendiri menggunakan Raspberry Pi 2. Mengandalkan sistem operasi Ubuntu Mate, komputer mini ini memiliki kinerja yang tidak kalah dengan komputer personal pada umumnya. Dengan harga dibawah satu juta, komputer mini ini mampu menjalankan program perkantoran seperti word dan excel, browsing, file manager dan masih banyak lagi. Keunggulan lain yang dimiliki oleh komputer mini ini terletak pada sistem yang digunakan, yakni Ubuntu Mate yang memiliki lisensi gratis dan terbuka (Open Source), sehingga sejak dini anak-anak  terhindar dari penggunaan perangkat lunak bajakan.

DCIM100MEDIA
Wahid dan teman-temannya menunjukkan komputer mini.

Komputer mini ala RBC ini juga  mampu menjadi salah satu solusi keterbatasan pasokan dan daya beli listrik mereka. Komputer mini hanya mengonsumsi daya 10 Watt, dimana masih sangat terjangkau dengan penghasilan orang tua mereka yang mayoritas bekerja sebagai petani, nelayan dan buruh.

David, salah satu anak RBC  mengungkapkan bahwa di sekolahnya belum memiliki fasilitas komputer yang dapat ia gunakan, sehingga kesempatan belajar merakit komputer ini dirasakannya sangat bermanfaat dalam memahami penggunaan dasar komputer.

Ke depan, diharapkan komputer mini dapat membantu anak-anak dalam mengenal teknologi dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Salah satunya dengan laboratorium komputer mini berbudget minim dapat dijadikan solusi bagi Rumah Belajar Ceria, agar lebih banyak anak yang dapat merasakan manfaat teknologi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s