Mengenal Kompetensi Jurusan-Jurusan S1 Komputer

Sumber: http://www.acm.org/education/education/curric_vols/CC2005-March06Final.pdf

Sejarah perkembangan jurusan-jurusan pada bidang komputer (link) telah dibahas sebelumnya. Sekarang, saya akan menjabarkan spesifikasi masing-masing jurusan S1 di bidang komputer tersebut. Sebagai referensi, saya tetap mengacu pada Computing Curricula 2005 atau CC2005 yang merupakan rekomendasi kurikulum tiga asosiasi ilmuwan, akademisi dan praktisi di Amerika serikat, yakni ACM (The Association for Computing Machinery), IEEE (Institute for Electrical and Electronic Engineers) dan AIS (The Association for Information System). CC2005 mengusulkan lima bidang komputer untuk pendidikan sarjana (S1), yakni CE (Computer Engineering), CS (Computer Science), SE (Software Engineering), IT (Information Technology) dan IS (Information System).

Computer Engineering (CE) atau Teknik Komputer Atau Sistem Komputer
Fokus Teknik Komputer terletak pada design arsitektur komputer dan sistem berbasis komputer. Mahasiswa Teknik Komputer akan mempelajari hardware, software, komunikasi dan interaksi ketiganya. Kurikulum teknik komputer berfokus pada teori, prinsip, dan praktek dari konsep dasar teknik elektro dan matematika serta mengaplikasikannya dalam mendesign komputer serta perangkat berbasis komputer. Mahasiswa CE dituntut dapat menguasai konsep dasar engineering pada perangkat digital maupun embedded system. Sebagai perbandingan fokus penguasaan disiplin ilmu, kita dapat melihat pada gambar di bawah ini.

ce
Sumber

Gambar di atas menunjukan bahwa mahasiswa Teknik Komputer akan mempelajari Computer Hardware and Architecture sebagai fokus terbesar, disusul dengan System Infrastructure, Software Methods and Technologies dan sedikit Application Technologies. CE tidak berkaitan sama sekali dengan Organizational Issues dan Information System. Dari segi Teori dan Praktek, mahasiswa CE akan menemukan porsi yang seimbang antara keduanya. Sehingga lulusan CE dapat diarahkan menjadi akademisi/ilmuwan maupun praktisi.

Computer Science (CS) atau Ilmu Komputer
Ilmu komputer berkembang sangat luas, mulai dari teori dasar algoritma hingga penerapannya pada robotika, computer vision, intellegent system, bioinformatics dan lainnya. Pada CC2005, kompetensi mahasiswa ilmu komputer dapat dibagi menjadi tiga kategori.
1. Design dan Implementasi Software. Lulusan CS harus mampu mesupervisi programmer lain, dan melakukan pendekatan-pendeketan baru dalam design software.
2. Menemukan cara baru menggunakan komputer. Area kerja CS terdiri dari networking, database, dan interaksi antara komputer dan manusia dalam perkembangan teknologi. Seperti saat ini misalnya, lulusan CS mengembangkan ilmu robotika untuk penerapan sistem cerdas, dan lain sebagainya.
3. CS membangun keputusan efektif dalam menyelensaikan masalah komputasi. Seorang lulusan CS harus mampu mencari solusi terbaik dalam teknologi database, pengiriman data, dan lain lain.

cs
Sumber

Gambar di atas menunjukkan bahwa CS memiliki tiga fokus utama yakni Software Methods and Technologies, System Infrastructure dan Application Technologies. Selain itu juga, mahasiswa CS diharapkan mengetahui sedikit tentang COmputer hardware and architecture dan organizational Issues & Information System. Lulusan CS sangat cocok menjadi ilmuwan atau akademisi dalam mengembangkan pengetahuan baru pada bidang ilmu komputer. Hal ini dapat dilihat pada gambar di atas bahwa kompetensi CS lebih condong ke kiri (teori) dari pada ke kanan (praktek).

Information System (IS) atau Sistem Informasi
IS fokus pada integrasi antara bisnis proses dan solusi IT untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk jalannya bisnis maupun perusahaan, dan membantu perusahaan dalam mencapai tujuan secara efektif dan efesien. IS memandang teknologi sebagai sebuah alat untuk memproses dan mendistribusi informasi.

is

Sumber

Gambar diatas menunjukan bahwa IS fokus pada hubungan antara organisasi dan teknologi aplikasi. Seorang mahasiswa IS harus menguasi teori maupun praktek pada sistem informasi pada suatu organisasi serta teknologi-teknologi penerapannya. Maka, lulusan ini sangat cocok untuk menjadi praktisi di perusahaan.

Information Teknology  (IT) atau Teknik Informatika atau Teknologi Informasi atau Informatika
Teknologi informasi memiliki dua makna. Secara luas, IT dapat digunakan untuk semua penerapan ilmu komputasi. Namun, dari sudut pandang akademik, IT merupakan disiplin ilmu yang mempersiapkan mahasiswanya untuk menghasilkan dan menerapkan teknologi komputer yang sesuai dengan bisnis, pemerintahan, pusat kesehatan, sekolah, dan organisasi lainnya. IT lebih berfokus pada teknologinya dibanding manajemen informasi. Semua organisasi saat ini membutuhkan IT. Mereka membutuhkan sistem yang dapat bekerja dengan baik, aman, mampu diperbarui, dapat diperbaiki, dan digantikan sewaktu-waktu.

it
Sumber

Jika kita melihat pada gambar di atas, maka IT condong ke kanan yang artinya berhubungan dengan implementasi dan praktek dibanding dengan teori. Seorang mahasiswa IT harus mampu menguasi pengetahuan tenatang organisasi dan sistem informasi, system infrasturcture, application technologies, software method and Technologies.

Software Engineering (SE) atau Rekayasa Perangkat Lunak
Jurusan yang satu ini masih asing di Indonesia. Rekayasa Perangkat Lunak baru sebatas mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa terutama mahasiswa ilkom dan IT. SE sendiri merupakan disiplin ilmu yang membangun dan memilihara sistem perangkat lunak agar dapat efektif dan efesien dan mampu menerjemahkan keinginan customer ke dalam perangkat lunak. Perkembangan SE dipengaruhi oleh pertumbuhan sistem perangat lunak yang semakin besar dan mahal. SE berbeda dengan displin ilmu lain. SE mengintegrasikan prinsip-prinsip matematika dan ilmu komputer.

se
Sumber: acm.org

Jika kita melihat gambar di atas, maka lulusan SE harus mampu menguasai teori dan praktik keilmuannya. Seorang mahasiswa SE harus menguasi Software method and technologies, application technologies, system infrastructure dan sedikit perngetahuan mengenai organisasi dan sistem informasi.

Kompetensi Kelulusan Masing-Masing Jurusan
Setiap Universitas tentu berhak menentukan kurikulum sendiri. Sah-sah saja untuk memasukkan berbagai macam bidang peminatan pada setiap jurusan. Meskipun bidang peminatan tersebut tidak sesuai dengan core pada Computing Curriculum yang direkomendasikan oleh ACM, IEEE, AIS, maupun AITP. Kita masih bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dunia industri dan penelitian. Namun, jika kita berbicara mengenai kompetensi global, maka kita harus kembali menyesuaikan dengan referensi internasional.

Diharapkan nantinya, apapun bidang peminatan, maka kemampuan dasar setiap jurusan tetap dijadikan acuan oleh mahasiswa. Kita dapat menggunakan kompetensi masing-masing jurusan yang telah disusun dalam CC2005  pada tabel di bawah ini.

1

2
Sumber
Advertisements