Potensi Indonesia 2045, 100 Tahun Pasca Merdeka

Jakarta
Sumber Gambar

Prediksi masa depan Indonesia yang disampaikan oleh Bu Menteri Sri Mulyani sangat menarik untuk disimak. Stakeholders Gathering Kemenkeu 2017 menjadi ajang pamer potensi kepada seluruh pemain besar ekonomi Indonesia. 100 tahun pasca Indonesia merdeka atau tepatnya Tahun 2045, Indonesia akan menjadi negara terbesar kelima dalam ekonomi dunia. Selain itu, bonus demografi menjadi trigger terbesar dalam kemajuan Indonesia.

Bonus Demografi
Penduduk Indonesia pada tahun 2045 akan diprediksi mencapai 309 Juta jiwa. Jumlah yang sangat luar biasa. Sebuah potensi besar dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional. Sri Mulyani menambahkan, 52% dari angka tersebut merupakan penduduk dengan usia produktif. Sebuah siklus yang hanya datang setiap 6 abad sekali. Jika kita melihat sejarah siklus 6 abad ini melahirkan dua kerajaan besar yakni Sriwijaya dan Majapahit. 6 abad sebelum tahun 2045 adalah sebuah masa kejayaan kerajaan Majapahit. 6 Abad sebelum Majapahit, ada masa keemasan Kerajaan Sriwijaya. Bisa dibayangkan, tahun 2045 bukan tidak mungkin kita menguasai Asia seperti yang pernah dilakukan oleh kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Bonus demografi dinilai sebagai sebuah kesempatan emas Indonesia dalam memanen hasil pengelolaan SDM yang dilakukan saat ini. Selain angka di atas, dalam pemaparannya, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa 80% penduduk Indonesia pada tahun itu merupakan kelas menengah, dan 75% penduduk menetap di kota. Negara yang memiliki potensi emas. Sebuah hal yang wajar jika pemerintah saat ini memasukkan peningkatan kualitas SDM sebagai salah satu fokus dalam program Nawacita.

Ekonomi Indonesia
Indonesia diprediksi akan berada pada posisi kelima sebagai kekuatan ekonomi dunia bersaing dengan negara super power seperti Tiongkok, Amerika Serikat, India dan Jepang. Kita berpotensi mengungguli negara besar seperti Rusia, Brasil, Jerman, Inggris dan Meksiko. Data ini diamini oleh perusahaan jasa keuangan dunia, PricewaterhouseCoopers. Indonesia akan mencatat sejarah sepanjang kemerdekaan tahun 1945. Pendapatan per kapita tembus US$ 29.300 atau naik sebesar 769% dari pendapatan per kapita tahun 2016. Data lain yang disampaikan adalah 73% potensi ekonomi masa depan Indonesia berasal dari sektor jasa.

Prasyarat
Tujuh poin penting dipaparkan oleh Sri Mulyani agar potensi tersebut dapat terealisasi pada 2045.

  1. Kesiapan infrastruktur
  2. Kualitas SDM
  3. Kesiapan teknologi
  4. Kelembagaan Pemerintah
  5. Tata Ruang wilayah
  6. Sumber daya ekonomi & keuangan (APBN)
  7. Sumber daya alam

Pertama adalah kesiapan infrastruktur. Selaras dengan hal tersebut, pemerintah melalui kebijakannya telah menaikkan belanja negara pada tahun 2016 sebesar 5,1%. Salah satunya disebabkan dengan pembangunan infrastruktur di Indonesia, dengan penyerapan anggaran infrastruktur sebesar 84% dari pagu, dengan rincian 2529 KM jalan, 3 bandara baru, 37 bendungan, 850 Ha drainase, 10,6 KM jembatan, 33 KM pembangunan jalur kereta baru, 1025 KM irigasi, 1111 unit rumah susun, dan pembangunan lainnya.

Prasyarat kedua adalah kualitas SDM. Pemerintah telah menggelontorkan anggaran dalam pendidikan antara lain 20,7 juta kartu indonesia pintar, 324.000 siswa mendapatkan beasiswa Bidikmisi, 8,2 juta siswa mendapatkan dana BOS, 28.000 pembangunan  dan rehabilitasi infrastruktur sekolah, 873 ribu tenaga pendidik mendapatkan tunjangan guru,
11 ribu beasiswa dosen s2/s3, dan 118 PTN mendapatkan bantuan operasional (BOPTN) dan BPPTN BH.

Prasyarat ketiga adalah kesiapan teknologi, diikuti dengan kelembagaan pemerintah, tata ruang wilayah, APBN, dan Sumber Daya Alam. Semua prasyarat tersebut tentu telah menjadi program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia emas tahun 2045. Di akhir penyampaiannya, Sri Mulyani mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan Stakeholders Kemenkeu untuk bekerja sama dalam membangun Indonesia.

“Jika kita bergandengan tangan, kita bisa menjadi pemain besar di asia bahkan di dunia.”

Video lengkap laporan Menteri Keuangan Indonesia dapat dilihat pada video di bawah ini:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s