Perbandingan Metode dalam Integrasi Aplikasi Perusahaan

employing-enterprise-application-integration-eai-7-728
Sumber Gambar: https://www.slideshare.net/adorepump/employing-enterprise-application-integration-eai-presentation

Definisi, arsitektur dan metode dalam integrasi aplikasi perusahaan telah dibahas sebelumnya pada postingan disini. Kali ini, saya akan membandingkan metode atau pendekatan yang digunakan dalam integrasi aplikasi perusahaan. Dalam melakukan integrasi aplikasi, suatu perusahaan atau organisasi dapat menggunakan empat metode atau pendekatan, antara lain data-level, application-interface level, method-level, dan user-interface level. Keempat metode tersebut memiliki tahapan implementasi yang berbeda, untuk itu kita harus mengetahui mengapa dan kapan kita menggunakan masing-masing pendekatan tersebut. Selain itu, masing-masing metode juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, mari disimak pembahasan perbadingan masing-masing metode berikut.

What?
Definisi masing-masing metode pada postingan sebelumnya saya tuliskan kembali sebagai berikut:
Data Level: Suatu mekanisme untuk integrasi suatu sistem atau aplikasi dengan mengakses secara langsung databasenya menggunakan teknik replikasi, transformasi, re-formatting dan processing.

Application-Interface Level: Suatu mekanisme untuk integrasi suatu sistem atau aplikasi dengan mengakses interface yang di-expose oleh developer pada packaged atau custom application.

Method-Level: Suatu mekanisme untuk integrasi suatu sistem atau aplikasi dengan menggunakan sharing business logic di method wareshousing.

User-Interface Level: Suatu mekanisme untuk integrasi suatu sistem atau aplikasi dengan menggunakan teknik screen scraping atau mengakses screen
information.

When and Why?
Mengetahui kapan dan mengapa masing-masing metode dapat membantu system analyst dalam memilih metode yang tepat berdasarkan kondisi masing-masing perusahaan. Adapun alasan menggunakan masing-masing metode dapat dijelaskan sebagai berikut:
Data-Level: Data Level digunakan sebagai entry point dalam melakukan integrasi oleh suatu perusahaan atau organisasi. Data level dapat dijadikan option ketika tidak ada sharing method atau API (Application Interface Level) yang tersedia.

Application-Interface Level: API digunakan ketika suatu data terikat dengan application logic. API juga digunakan ketika Data-Level dianggap tidak secure atau tidak memungkinkan untuk diakses secara langsung.

Method-Level: Method level digunakan ketika enterprise ingin membuat suatu composite application (Applikasi gabungan).

User-Interface Level: User-Interfave level digunakan sebagai last recommendation, digunakan ketika tidak ada akses API, database, maupun method level.

 

Advantages dan Disadvantages
Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini akan membantu dalam menganalisa cost dan benefit dalam melakukan integrasi. Adapun kelebihan dan kekurangan masing-masing metode adalah sebagai berikut:

Data-Level
Advantages:  Easy, speed to market, minimize cost
Disadvantage: Security, Large Scope, Saat ini data level erat kaitannya dengan method dan api level, karena banyak aplikasi yang terikat dengan application logic.

Application-Interface Level
Advantages: Dapat digunakan untuk aplikasi lain, well-defined mekanisme untuk connect dengan resource yang lain, Ada banyak tools yang tersedia
Disadvantages: Butuh waktu untuk wrapping application

Method-Level
Advantages: Reuse, Composite app
Disadvantages: Expensive

User-Interface Level
Advantages: Tidak membutuhkan perubahan metode/ coding
Disadvantages: Tidak stabil, Tidak mampu mengakses banyak screen

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s